Kamis, 19 Januari 2017

world-economy World Economy

Surplus Perdagangan Zona Euro Melebar, Kendati Ekspor Flat

Rabu, 18 Maret 2015 18:05 WIB
Dibaca 416

Monexnews - Surplus perdagangan zona euro melebar di bulan Januari dari setahun sebelumnya, namun hanya ada sedikit sinyal bahwa pelemahan euro dapat mendongkrak sektor ekspor, yang mana masih relatif flat. Kantor statistik Uni Eropa, Eurostat, pada hari Rabu mengatakan surplus perdagangan mencapai 7.9 milyar euro (8.38 milyar dollar), naik dari 100 juta dollar pada Januari 2014. Namun melebarnya surplus perdagangan tersebut disebabkan oleh penurunan sebesar 6% pada tingkat impor, yang mana merupakan dampak dari penurunan harga minyak, sementara tingkat ekspor hanya naik tipis. Dalam tahun 2014 secara keseluruhan, surplus perdagangan zona euro naik menjadi 193 milyar euro dari 152 milyar euro di tahun 2013, seiring kenaikan tingkat ekspor sebeasr 2% dan tingkat impor yang flat.

Euro telah terdepresiasi terhadap dollar AS sejak Mei 2014, pelemahan yang berlanjut hingga tahun 2015 dengan peluncurkan program quantitative easing oleh European Central Bank. Hal tersebut melibatkan pembelian obligasi pemerintah dengan menggunakan pencetakkan uang baru, menambah suplai euro dan memangkas nilai tukarnya pada pasar mata uang. Meski petinggi ECB menekankan pelemahan suku bunga bukanlah tujuan utama mereka dalam meluncurkan QE, mereka menganggap pelemahan euro sebesar 12% terhadap dollar sepanjang tahun ini akan membantu mendongkrak sektor ekspor dan kembali menghidupkan laju pertumbuhan ekonomi. Namun hanya ada sedikit sinyal bahwa dorongan naik tersebut signifikan. Data yang dirilis pekan lalu menunjukkan tingkat produksi industri turun di bulan Januari, dan data perdagangan yang dirilis menunjukkan pabrik-pabrik masih belum diuntungkan oleh pesanan baru dari luar negeri.
Bagaimanapun juga, ada sinyal bahwa investasi mungkin akan terus bertahan. Eurostat juga merilis data yang menunjukkan aktivits konstruksi bertambah sebanyak 1.9% di bulan Januari dari bulan Desember, kenaikan bulanan terbesar sejak akhir tahun 2013. Bangkitnya sektor investasi merupakan faktor penting pemicu laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal terakhir tahun 2014, dan kenaikan pada tingkat konstruksi menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin akan berlanjut hingga memasuki tahun 2015.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar