Selasa, 28 Maret 2017

breaking-news Indeks Kepercayaan Konsumen AS melonjak ke 125.6 di bulan Maret, melampaui estimasi 114.0

world-economy  World Economy

Surplus Perdagangan Zona Euro Meningkat di Bulan November

Rabu, 15 Januari 2014 18:01 WIB
Dibaca 432

Monexnews - Surplus perdagangan barang zona Euro dengan negara-negara lain di seluruh dunia meningkat pada bulan November dari bulan yang sama tahun lalu. Namun itu lebih mencerminkan penurunan impor dibandingkan kenaikan ekspor.

Peningkatan tajam surplus perdagangan zona Euro sepanjang tahun lalu sebagian disebabkan oleh menurunnya impor energi, dan sebagian lainnya dipicu oleh meningkatnya ekspor barang-barang manufaktur. Kendati angka bulan November menunjukkan sektor perdagangan terus menopang pertumbuhan pada kuartal terakhir tahun 2013, penurunan impor dan ekspor yang terjadi masih mengindikasikan pemulihan ekonomi yang rapuh.

Laporan lembaga statistik Uni Eropa, Eurostat, menunjukkan 17-negara pengguna mata uang Euro mampu membukukan surplus perdagangan barang sebesar €17,1 milyar ($23,4 milyar) pada bulan November, naik dari €12,5 milyar pada bulan November 2012.

Namun laporan Eurostat lainnya pada hari Rabu memperlihatkan ekspor turun 0,2% dari bulan Oktober, yang merupakan penurunan bulanan pertama sejak Juli tahun lalu. Impor dilaporkan mencatat penurunan lebih tajam, dengan anjlok 1,3%.

Sepanjang beberapa tahun terakhir, perdagangan telah menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan di zona Euro, meskipun seringkali itu lebih disebabkan oleh penurunan impor dibandingkan dengan peningkatan ekspor. Pada kuartal ke-3 tahun lalu, perdagangan juga terbukti turut mempengaruhi pertumbuhan, dengan impor meningkat jauh lebih cepat daripada ekspor. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar