Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Swiss Nampak Kebal Dari Resesi Eropa

Senin, 27 Mei 2013 17:32 WIB
Dibaca 770

Monexnews - Perekonomian Swiss mungkin akan terus bertumbuh pada kuartal pertama seiring tingkat permintaan domestik dan batas mata uang dari bank sentral mencegah Swiss terkena resesi yang menyerang sebagian banyak negara tetangganya. GDP kuartal pertama Swiss diperkirakan akan naik sebesar 0.2% dari kuartal sebelumnya. Hal itu kontras dengan zona euro, yang menderita resesi selama 6 kuartal berturut-turut. Jerman, berhasil mencetak ekspansi hanya sebesar 0.1% pada kuartal pertama.

Swiss National Bank telah melindungi perekonomian dari dampak keterpurukan zona euro dengan batas mata uang pada 1.20 franc per euro. Kebijakan tersebut telah membantu Swiss untuk menderita kontraksi hanya selama 1 kuartal sejak batas diberlakukan pada September 2011, dan tingkat pengangguran sekitar seperempat dari zona euro.

“Kuartal terakhir lebih baik dari perkiraan dan pertanyaannya apakah Swiss dapat jauh lebih berkembang dari negara lainnya di Eropa,” ucap Reto Huenerwadel, ekonom senior pada UBS AG di Zurich. “Tingkat konsumsi swasta sedang bertumbuh di atas rata-rata, dan pertanyaannya apakah hal ini dapat bertahan di tengah melemahnya pasar tenaga kerja.” Tingkat permintaan domestik mencakup sekitar 57% dari tingkat pertumbuhan ekonomi tahun lalu, sementara sektor ekspor mencakup sekitar 10%.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar