Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Tahun Depan, BI Rate Berpotensi Turun ke Level 6,5 Persen

Rabu, 18 Desember 2013 15:14 WIB
Dibaca 424

Monexnews - Laju inflasi yang akan kembali pada pola normalnya tahun depan akan memberikan peluang bagi Bank Indonesia (BI) untuk melonggarkan kebijakannya dengan menurunkan suku bunga acuannya (BI rate) sampai ke level 6,5 persen.

“BI rate di tahun depan bisa saja turun dengan dukungan dari pemerintah untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), maka inflasi akan berada di pola normalnya,” demikian dikatakan Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia (BNI) Ryan Kiryanto di Jakarta, Selasa (17/12).

Pada akhir tahun ini, lanjutnya, laju inflasi diyakini akan berada di level 8,4 persen, lebih rendah dari prediksi pemerintah yang sebesar 9,2 persen. Hal tersebut menjadi bekal bagi Indonesia untuk kembali menurunkan inflasi ke level 5 hingga 6 persen tahun depan, sehingga BI rate harus disesuaikan ke level 7 atau 6,5 persen. “Dengan BI rate akan berada di bawah 7 persen maka dengan sendirinya suku bunga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS rate) akan mengikuti. Jadi no worries dengan nilai rupiah dan BI rate di tahun depan,” pungkasnya.(ans)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar