Rabu, 25 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

world-economy  World Economy

Takenaka: BOJ Sedang Mempertimbangkan Pelonggaran Lanjutan

Selasa, 4 Maret 2014 17:19 WIB
Dibaca 425

Monexnews - Ekonom ternama Jepang dan mantan Menteri pemerintahan Heizo Takenaka pada hari Selasa mengatakan menurutnya Bank of Japan sedang memperimbangkan pelonggaran moneter tambahan untuk meredam dampak kenaikan pajak penjualan di bulan April. "BOJ saat ini siap untuk langkah tambahan, menurutku," ucap Takenaka, menambahkan bahwa ia belakangan ini bertemu secara pribadi dengan Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda.

            Setelah 1-1/2 tahun dorongan terhadap pertumbuhan dari stimulus moneter dan fiskal dari Perdana Menteri Shinzo Abe, merebak spekulasi bahwa negara perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut akan melambat secara tajam dalam waktu dekat, mendesak BOJ untuk menambah pembelian aset besar-besaran yang diluncurkan bulan April tahun lalu. Di bulan Februari, BOJ mempertahankan kebijakan moneter longgarnya dan memperpanjang program pinjaman khusus untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi. Dewan kebijakan akan bertemu kembali pekan depan. Kuroda telah berulang kali mengatakan perekonomian masih berada dalam jalur menuju target inflasi sebesar 2% miliknya namun BOJ tidak akan ragu-ragu untuk mengambil tindakan jika target tersebut terancam tidak dapat tercapai.

"Ia memiliki sikap yang sangat fleksibel terhadap kebijakan moneter," ucap Takenaka, yang dikenal sebagai seorang reformis saat ia menjabat sebagai Menteri perekonomian pada pemerintahan Junichiro Koizumi tahun 2001-2005. Takenaka adalah salah satu anggota panel Abe pada kompetitifitas industri. Ada sejumlah kecemasan bahwa kenaikan pajak penjualan dapat melukai pemulihan ekonomi seiring dampak dari strategi kebijakan moneter dan stimulus besar-besaran dari Abe mulai memudar. Sebagian besar analis memperkirakan BOJ akan kembali melonggarkan kebijakan pada musim panas ini untuk membantu mendorong perekonomian dan mengeluarkannya dari deflasi selama 15 tahun 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar