Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Tanda-tanda Gairah Ekonomi Mulai Muncul di Jepang

Jumat, 31 Januari 2014 17:08 WIB
Dibaca 617

Monexnews - Sederet data ekonomi Jepang menunjukkan adanya suatu iklim perbaikan yang tidak pernah terlihat dalam beberapa tahun ke belakang. Kombinasi antara daya serap tenaga kerja yang tinggi dan kenaikan harga produk konsumen sangat mendukung upaya pencapaian target inflasi yang diusung oleh Perdana Menteri Shinzo Abe.

Indeks harga konsumen menguat 1.3% di bulan Desember dibandingkan periode yang sama tahun 2012. Sementara untuk satu tahun penuh 2013, indeks naik 0.4% sekaligus menandai kenaikan tahunan pertama dalam lima tahun terakhir.

Data terpisah juga memperlihatkan jumlah pengangguran turun menjadi hanya 3.7% di bulan Desember atau rasio terendah sejak Desember 2007. Fenomena ekonomi terbaru itu menggembirakan pihak pemerintah, yang memang sejak akhir tahun lalu mengincar target inflasi 2% sebagai parameter pemulihan ekonomi nasional.

Meskipun data produksi industri hanya naik 1.1% di bulan Desember 2013, atau di bawah estimasi awal 1.3%, hal itu tidak serta merta menjadi tanda penurunan kinerja pabrik di Jepang. Mengingat faktor musiman juga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan volume permintaan produk.

Ekonom Jepang menilai masih lemahnya sektor ekspor sudah mampu diimbangi oleh meningkatnya laju konsumsi domestik. Laporan jumlah pembangunan rumah baru bahkan melonjak 18% dibandingkan bulan Desember 2012. Arus konsumsi rumah tangga di Jepang memang naik signnifikan jelang diaktifkannya agenda kenaikan pajak penjualan dari 5% menjadi 8%. Rangkaian data ekonomi tersebut secara garis besar mampu mencerminkan kuatnya efek kebijakan stimulus yang diluncurkan oleh Shinzo Abe dan kabinetnya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar