Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Tenaga Kerja Australia Bertambah, Tingkat Penganguran Tetap

Kamis, 13 Maret 2014 9:57 WIB
Dibaca 520

Monexnews - Biro Statistik Australia merilis data tingkat penganguran pada bulan Februari tetap sebesar 6,0%, level tertinggi dalam satu dekade terakhir, namun penambahan jumlah tenaga kerja melesat. Negeri kangguru menambah tenaga kerja penuh waktu sebanyak 80.500 pekerjaan penuh waktu pada bulan Februari dari bulan Januari, dengan total jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan sebesar 47.300 tenaga kerja, jauh di atas estimasi ekonom sebesar  15.000 tenaga kerja. Tenaga kerja paruh waktu turun 33.000, sementara jumlah warga yang mencari pekerjaan meningkat.

Tingkat penganguran Australia naik pada tahun lalu menyusul pengurangan belanja modal untuk proyek besar dari perusahaan tambang, dan memberhentikan ribuan pekerja seiring anjloknya harga komoditas. Dan baru-baru ini pemberhentian karyawan terjadi dari sektor otomotif dan perusahaan makanan akibat penguatan mata uang aussie membuat biaya menjadi meningkat serta ekspor menjadi kurang kompetitif.

Ekonomi Australia memasuki ekspansi tahun ke 23, namun dalam laju yang rendah. Pada kuartal ke-empat 2013 ekonomi Asutralia tumbuh 2,8% dari tahun sebelumnya, jauh dibawah pertumbuhan pada awal 2013 sebesar 4%. Reserve Bank of Australia telah memangkas tingkat suku bunga sebanyak delapan kali dalam dua tahun terakhir menjadi rekor terendah 2,50% untuk mendorong perekonomian di luar sektor pertambangan.

RBA memberikan outlook perekonomian tahun ini masih tidak pasti, dan mengatakan tidak ada jaminan ekonomi di luar sektor pertambangan akan tangguh untuk menyokong pertumbuhan ekonomi tahun ini.  (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar