Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Tentara Ukraina Gelar Operasi Perebutan Kota

Jumat, 2 Mei 2014 14:37 WIB
Dibaca 430

Monexnews - Pemberontak pro-Rusia menyebut tentara Ukraina baru saja meluncurkan operasi besar-besaran untuk menguasai kembali kota Slovyansk. Menurut pihak separatis, militer pro-pemerintah menduduki satu per satu lokasi menuju pusat kota dengan memakai kekuatan udara. 

Kepada stasiun berita Interfax, pemimpin pemberontak, Vyacheslav Ponomaryov, mengatakan anak buahnya berhasil menembak jatuh dua helikopter, membunuh pilotnya dan menangkap beberapa tentara. Dari pihak separatis, satu orang dinyatakan meninggal dan ada pula yang mengalami luka-luka.

Pemerintah Ukraina menilak berkomentar terkait klaim kaum pemberontak. Namun stasiun televisi Rusia menayangkan kondisi kota Slovyansk, di mana terlihat asap tebal membubung tinggi ke udara. Sayangnya liputan tersebut tidak menampilkan kejadian kontak senjata antara dua kubu yang bertikai.

Klaim terbaru pihak separatis diungkapkan tepat di kala kedaulatan pemerintah pusat diragukan oleh warganya sendiri. Militer Ukraina sudah kehilangan kendali atas beberapa kota besar di wilayah timur. Pada hari Rabu kemarin, pelaksana tugas presiden, Oleksandr Turchynov, mengatakan tentaranya belum mampu menguasai kantor-kantor penting di beberapa kota bagian timur.

Salah satu provinsi yang diperebutkan adalah Donetsk, di mana aksi protes terus terjadi setiap hari. Pihak separatis yang menamai dirinya Donetsk People's Republic bahkan berencana menggelar referendum pada tanggal 11 Mei mendatang. Di pusat kota, warga pro-Rusia melatih diri untuk menghadapi perang dan sudah menguasai aset strategis seperti balai kota dan kantor polisi. Mereka juga menguasau kantor media untuk menyebarkan informasi tentang perjuangannya kepada khalayak.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar