Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Terbukti Manipulasi Kurs, Bank Jerman Pecat 2 Trader-nya

Kamis, 22 Mei 2014 11:35 WIB
Dibaca 644

Monexnews - Salah satu perusahaan keuangan paling termasyhur Eropa, Commerzbank, memecat dua orang tradernya karena diduga mencoba untuk memanipulasi nilai tukar. Keduanya terindikasi mencari keuntungan dengan cara 'mengakali' kurs mata uang Zloty Polandia di sesi perdagangan reguler.

Keputusan Commerzbank keluar satu hari setelah badan pengawas pasar keuangan Jerman, Bafin, memaparkan bukti adanya upaya untuk mempengaruhi arah pergerakan mata uang oleh beberapa pelaku pasar. Otoritas juga masih menyelidiki keterlibatan oknum dari bank-bank lainnya dalam percobaan manipulasi ini. Seorang trader yang terbukti bersalah dilaporkan bekerja di kantor pusat Commerzbank di Frankfurt, Jerman.

Pihak pengawas pasar uang negara-negara Eropa memang sedang giat menjalankan operasi untuk mencari orang-orang yang kerap melakukan manipulasi kurs. Pihak bank yang mempekerjakan trader-trader juga mengaku kesulitan untuk mengidentifikasi oknum di dalam lingkungan mereka sendiri. Meskipun banyak pihak yang menganggap sesungguhnya manipulasi kurs juga terjadi atas sepengetahuan petinggi bank. "Kami meyakini bahwa insiden ini tidak meluas ke mana-mana, dan hanya sebatas kesalahan sang oknum," demikian penjelasan Commerzbank kepada media.

Berdasarkan bukti-bukti yang ada, manipulasi kurs mata uang Zloty yang dilakukan oleh dua orang trader Commerzbank terjadi pada bulan Januari lalu. Salah satu trader sudah langsung dipecat pada bulan Februari menyusul digelarnya penyelidikan internal oleh perusahaan. Sementara pihak Bafin sendiri menolak berkomentar terkait statement Commerzbank tersebut.

Pengawas pasar uang Eropa dan Amerika sedang bekerjasama membongkar dugaan manipulasi kurs oleh partisipan. Fokus utama tertuju ke pasar forex London, yang merupakan lokasi transaksi mata uang terbesar di dunia. Sampai sekarang, sebanyak delapan perusahaan finansial sudah dijatuhi denda miliaran Dollar dan 30 orang trader sudah dipecat karena terbukti mengutak-atik arah suku bunga referensi antar bank. Sementara menurut taksiran media, total transaksi bawah tangan atau di luar regulasi pasar uang setiap harinya bisa mencapai angka $5.3 triliun.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar