Senin, 18 Desember 2017

world-economy  World Economy

Terkait Potensi Deflasi, BPS Tunggu Perkembangan Harga Pekan Terakhir

Jumat, 27 September 2013 9:54 WIB
Dibaca 409

Monexnews - Badan Pusat Statistik (BPS) berharap sejumlah harga komoditas pokok dapat terjaga dan stabil. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BPS Suryamin, saat menggapi potensi terjadinya deflasi pada bulan September 2013. Menurut Suryamin, masih terbuka peluang deflasi dan inflasi pada September 2013, karena semua sangat bergantung pada pergerakan harga komoditas pokok.

Oleh karenanya, BPS menunggu dan akan terus memantau pergerakan harga, utamanya 20 harga komoditas di pasar dalam satu pekan terakhir. Dari sejumlah komoditas itu, terdapat 8 komoditas yang mengalami penurunan. "Sudah banyak komoditas-komoditas yang harganya sudah mengalami penurunan. Dari 20 komoditi yang biasanya kita monitor itu sekarang sudah sekitar 8 komoditi mengalami penurunan, seperti cabai bawang merah dan daging sapi itu sudah tidak ada masalah," ungkap Suryamin, Rabu (25/9).

Namun demikian, potensi inflasi masih dapat terjadi menyusul harga sejumlah komoditas yang masih belum normal. "Memang masih ada harga komoditas yang naik, itu seperti harga kedelai dan emas. Tapi kalau emas kan lebih karena ada faktor internasionalnya. Tapi inflasinya di bulan ini akan lebih kecil. Apakah deflasi atau inflasi, kita tunggu karena minggu ini masih ikut andil," imbuhnya. (ak)


sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar