Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Tertidur, Pegawai Rugikan Bank Ratusan Juta Euro

Rabu, 12 Juni 2013 12:01 WIB
Dibaca 416

Monexnews - Mengantuk adalah salah satu hal yang rawan memicu kecelakaan, baik yang memakan korban jiwa maupun berupa materi. Di Jerman, seorang pegawai bank menyebabkan perusahaan merugi ratusan juta Euro hanya karena tertidur saat jam kerja.

Seorang karyawan bank tertidur sesaat kala memproses transfer nasabah. Saat tertidur, tanpa sengaja ia menekan begitu banyak tombol angka '2' sehingga mengubah nilai transfer dari hanya 62.40 Euro menjadi 222 juta Euro atau setara $293 juta. Ia memencet angka 222,222,222.22 dengan jarinya tanpa disadari, sesuai dengan kesaksian yang diperdengarkan di pengadilan Jerman. Sialnya, bencana justru menimpa rekan kerjanya yang bertugas memeriksa slip pembayaran para nasabah.

Kesalahan tersebut memang terlacak dan dikoreksi langsung oleh sistem internal berkala. Namun perbaikan tersebut terjadi setelah pengurusan dana pensiun itu diselesaikan atau disetujui oleh seorang supervisor perempuan berusia 48 tahun. Karyawan yang lalai meng-approve proses transfer error itu langsung didepak oleh perusahaan karena dianggap lalai dalam memeriksa proses pembayaran nasabah. Pada 2 April 2012, pihak pengadilan menerima bukti bahwa ia menghabiskan waktu kurang dari 1.4 detik dalam memeriksa 603 pembayaran, antara 1.5 sampai 3 detik ketika memeriksa 105 pembayaran dan hanya 104 pembayaran yang ia periksa dengan waktu di atas 3 detik. Artinya, beban pekerjaan sehari-seharinya tidak seimbang dengan jumlah slip pembayaran yang harus ia terima sehingga tidak heran jika ada bukti transfer janggal yang terlewatkan.

Wanita yang sudah mengabdikan dirinya selama 26 tahun ini kemudian mengajukan kasus ke pengadilan tenaga kerja daerah Frankfurt untuk meminta kembali pekerjaannya. Ia memenangkan sidang dan perusahaan diminta untuk memberikan posisinya lagi. Pengadilan merekomendasikan bank untuk lebih dahulu memberikan surat peringatan ketimbang memecat karyawan yang lalai itu.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar