Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

The Fed Optimis Dengan Ekonomi AS, Peluang Kenaikan Suku Bunga Tetap Terbuka

Kamis, 30 April 2015 2:14 WIB
Dibaca 2288

Monexnews - Meski pertumbuhan ekonomi AS di kuartal pertama tahun ini jauh di bawah ekspektasi, dan pertumbuhan pasar tenaga kerja menunjukkan pelambatan, namun Federal Reserve masih tetap optimis akan perekonomian terbesar di dunia tersebut. Dalam pernyataannya pasca melaksanakan rapat selama dua hari, The Fed mengatakan rendahnya pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama yang bersamaan dengan musim dingin hanya bersifat sementara. Dengan kebijakan akomodatif yang tepat, ekonomi AS serta pasar tenaga kerja kedepannya diperkirakan akan tumbuh secara moderat.

Untuk inflasi, The Fed memperkirakan dalam jangka pendek akan tetap berada dikisaran level terendah saat ini, dan akan naik secara bertahap menuju target 2% dalam jangka menengah. Para anggota dewan bank sentral AS tersebut juga memproyeksikan tingkat suku bunga akan naik ketika pasar tenaga kerja menunjukkan peningkatan lebih lanjut, serta memiliki keyakinan inflasi akan mencapai target 2% dalam jangka menengah. 

Pernyataan tersebut konsisten dengan keinginan chairwomen The Fed, Janet Yellen, untuk bergantung pada data-data ekonomi sebelum mulai menaikkan suku bunga, dan membuat keputusan pada setiap rapat kebijakan moneter. Dengan demikian kenaikan suku bunga AS yang pertama sejak tahun 2006 dapat terjadi kapan saja pada saat rapat kebijakan moneter. Meski demikian, data-data ekonomi AS yang dirilis sebelumnya terlihat kurang mendukung kenaikan suku bunga pada rapat berikutnya di bulan Juni. Data non-farm payrolls AS bulan Maret hanya menunjukkan penambahan 126.000 tenaga kerja, menjadi yang terendah sejak Desember 2013, sementara produk domestik bruto AS kuartal pertama hanya tumbuh 0,2%. Dalam rapat kali ini, seluruh anggota Federal Open Market Committee setuju untuk mempertahankan suku bunga 0% - 0,25%. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar