Minggu, 26 Maret 2017

world-economy  World Economy

Tidak Ada Kejutan dari Rapat Suku Bunga Bank Indonesia

Selasa, 17 Maret 2015 15:43 WIB
Dibaca 972

Monexnews - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia beberapa saat lalu memutuskan penetapan suku bunga di level 7,5%. Selain itu, RDG juga menahan suku bunga Deposit Facility di level 5,5% dan Lending Facility pada level 8% efektif berlaku mulai 18 Maret 2015.

Juru bicara Bank Indonesia mengklaim kebijakan dewan masih relevan dengan upaya pengendalian defisit transaksi berjalan pada level yang lebih sehat. BI menganggap dengan disetujuinya APBN-P 2015, maka paket stimulus fiskal dan kebijakan reformasi struktural yang ditempuh pemerintah akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Otoritas juga berkomitmen memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial sekaligus menjaga komunikasi dengan pemerintah untuk memastikan laju inflasi selalu kondusif dan defisit transaksi berjalan tetap proporsional.

Sebagai catatan pada meeting bulan lalu pada 17 Februari 2015, Bank Indonesia di luar dugaan menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,50% dibarengi penurunan suku bunga Deposit Facility turun sebanyak 25 basis poin menjadi 5,50% dan Lending Facility tetap pada level 8,00%. Keputusan suku bunga hari ini sejalan dengan prediksi mayoritas analis keuangan di pasar. Isyarat dipertahankannya suku bunga dikemukakan oleh pejabat bank sentral sepanjang pekan. Walaupun perubahan suku bunga sedang diperlukan untuk melindungi Rupiah, namun BI mengklaim tidak keberatan dengan nilai tukar rendah karena hal itu bagus untuk menggenjot pemasukan ekspor.

Kemarin sebanyak 10 dari 13 orang responden yang disurvei oleh The Wall Street Journal memprediksi BI tidak akan mengubah suku bunganya dari level 7,50%. Sementara 3 lainnya memperkirakan terjadinya penurunan bunga lanjutan sebanyak 25 basis poin. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar