Senin, 24 April 2017

world-economy  World Economy

'Tidak Ada Kejutan dari Tokyo'

Selasa, 11 Juni 2013 11:07 WIB
Dibaca 712

Monexnews - Seperti dugaan sebelumnya, Bank of Japan (BOJ) masih mempertahankan kebijakan moneternya dalam pertemuan hari ini (Selasa 11/06). Basis moneter tetap dipatok pada angka 60-70 triliun Yen per tahun ($600-700 miliar), sedangkan penilaian ekonomi domestik dinaikkan.

"Perekonomian Jepang sedang beranjak naik," demikian BOJ dalam pernyataan resminya seraya menaikkan proyeksi ekonomi. Anggota Dewan, Takahide Kiuchi, sempat menggagas agar target inflasi 2% ditujukan untuk tujuan jangka menengah dan panjang. Ia juga menyarankan supaya pelonggaran dilakukan secara intensif dalam dua tahun ke depan. Sarannya ini bertentangan dengan komitmen BOJ, yang terlanjur menargetkan pencapaian inflasi hanya dalam dua tahun. Alhasil, rekomendasi Kiuchi ditolak mentah-mentah oleh anggota dewan lainnya dengan perbandingan suara mutlak 8-1. Gubernur Haruhiko Kuroda dijadwalkan menggelar jumpa pers dalam beberapa jam ke depan.

BOJ meluncurkan stimulus moneter besar-besaran pada tanggal 4 April silam. Tujuannya adalah untuk melipatgandakan suplai dana dalam dua tahun ke depan dengan cara menggalakkan pembelian obligasi pemerintah dan aset-aset berisiko. Sebagai implikasinya, otoritas mengubah orientasi kebijakan dari pematokan suku bunga menjadi program berbasis pendanaan, di mana pelonggaran moneter dititikberatkan pada penyediaan uang di sistem perekonomian. Bank of Japan juga tidak menganggap gejolak di pasar keuangan tiga pekan terakhir sebagai efek dari mandulnya instrumen moneter. Dewan Gubernur meyakini stabilitas pasar keuangan akan kembali tercapai seiring kemajuan ekonomi pasca kebijakan longgar yang mereka berlakukan. Nilai tukar Yen saat ini terpantau pada level 98.370 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar