Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Tingkat Inflasi Kanada Melejit di Bulan Oktober

Sabtu, 22 November 2014 0:02 WIB
Dibaca 1542

Monexnews - Tingkat inflasi Kanada berjalan lebih cepat daripada perkiraan ekonom di bulan Oktober, dipimpin oleh sektor bahan bakar dan pakaian dan itu menunjukkan bahwa ekonomi mungkin akan berjalan lebih cepat darpada yang dipikirkan oleh bank sentral.

Indeks harga konsumen naik sebesar 2.4% dibandingkan dengan bulan yang sama pada setahun yang lalu, dilaporkan oleh Statistics Canada dari Ottawa. Hasil tersebut lebih cepat daripada prediksi 21 ekonom dalam survei Bloomberg News. Tingkat inflasi inti yang tidak termasuk delapan produk yang volatile meningkat hingga 2.3%, itu adalah level terkuat dalam hampir tiga tahun terakhir.

Inflasi telah melampaui target Bank of Canada di level2% dalam lima dari enam bulan terakhir, itu akan membuat Gubernur Stephen Poloz sulit untuk berikan argumentasi tentang faktor-faktor sementara yang mendorong kenaikan harga. Dollar Kanada naik ke level tertinggi dalam hampir dua bulan setelah laporan hari ini seiring para trader berspekulasi bahwa bank sentral mungkin akan mempercepat jadwal kenaikan suku bunga.

"Sudah di mulai pada situasi dimana bank sentral seharusnya memikirkan suku bunga yang lebih tinggi," kata Paul Ferley, asisten kepala ekonom di Royal Bank of Canada di Toronto. Suku bunga yang tinggi serta inflasi yang lebih lambat akan mengurangi jumlah uang yang beredar.

Robert Kavcic, ekonom senior di Bank of Montreal,  mengatakan dalam laporan hari ini bahwa momentum inflasi telah "meluas" dari setahun yang lalu, dengan 56% dari 18 katagori indeks utama harga telah melampaui level tahunan 2%.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar