Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Tingkat Inflasi Zona Euro Stabil di Level Rendah

Kamis, 17 Juli 2014 17:10 WIB
Dibaca 672

Monexnews - Laju inflasi zona euro bertahan di level rendah sesuai ekspektasi dalam apa yang dikatakan oleh European Central Bank sebagai “zona berbahaya” di bulan Juni seiring penurunan pada harga makanan dan panggilan telefon menutupi kenaikan harga tembakau dan restoran, menurut data hari kamis. Laju inflasi konsumen di zona euri naik sebanyak 0.1% di bulan Juni untuk kenaikan tahunan sebesar 0.5% -- sama seperti laju inflasi di bulan Mei, menurut data dari Eurostat, kantor statistik Uni Eropa.

Laju inflasi tahunan masih berada jauh di bawah target inflasi yaitu dekat dengan 2%. Bank sentral meyakini bahwa laju pertumbuhan harga lebih lambat dari 1% merupakan “zona berbahaya” karena menimbulkan resiko deflasi. Laju pertumbuhan harga telah berada di bawah 1% sejak Oktober lalu. ECB mempertahankan suku bunga di bulan Juli, sebulan setelah memangkas suku bunga ke rekor rendah dan menempatkan suku bunga tabungan ke area negatif dan menegaskan bahwa pihaknya siap untuk mencetak uang di masa mendatang jika dibutuhkan untuk mencegah deflasi.

Inflasi tingkat konsumen turun di Yunani, Portugal, dan Slovakia pada bulan Juni dan 5 negara lainnya memiliki tingkat inflasi 1% ke atas, termasuk Jerman di mana laju kenakan harga tahunan mencapai 1%. Laju inflasi inti tahunan – yang tidak termasuk harga energi dan makanan mentah – bertahan pada 0.8% di bulan Juni, tidak berubah dari bulan Mei. ECB juga memperhatikan nilai tukar euro dan dampaknya terhadap inflasi, bank sentral siap untuk meluncurkan kebijakan tambahan untuk mencetah deflasi jika euro menguat terlalu tajam.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar