Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Tingkat Inflasi Zona Euro Turun 0.6% di Januari

Selasa, 24 Februari 2015 17:38 WIB
Dibaca 996

Monexnews - Harga konsumen di seluruh kawasan Uni Eropa turun di bulan Januari pada laju tercepat sejak mulai dicatat di tahun 1997, meningkatkan resiko bahwa 28 anggota blok Euro akan tergelincir menuju deflasi.

Data terpisah yang dirilis pada akhir bulan lalu menunjukkan harga konsumen di zona Euro, blok yang terdiri dari 19 negara yang menggunakan mata uang euro, turun pada laju tercepat sejak Juli 2009.

Eurostat pada hari Selasa mengatakan bahwa harga konsumen di blok 28 negara Euro turun sebesar 0.5% di bulan Januari dari setahun yang lalu, dan dikonfirmasikan bahwa harga di zona Euro lebih rendah 0.6% pada periode yang sama.

Sebanyak duapuluh tiga anggota Uni Eropa mengalami penurunan harga konsumen pada tingkat tahunan di bulan Januari, naik dari 16 anggota di bulan Desember dan hanya empat anggota di bulan November.

Penurunan dalam harga dalam periode 12 bulan sampai Januari sebagian besar disebabkan oleh penurunan tajam dalam harga energi. Eropa adalah importir energi, dan ekonom biasanya membandingkan penurunan di harga minyak dan gas alam terhadap pemangkasan pajak, dalam upaya membuat konsumen memiliki banyak uang untuk membelanjakan barang-barang dan jasa, yang mana banyak diproduksi di dalam blok.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar