Rabu, 18 Januari 2017

world-economy World Economy

Tingkat Pengangguran Spanyol Sedikit Meningkat

Selasa, 29 April 2014 15:47 WIB
Dibaca 467

Monexnews - Jumlah pengangguran di Spanyol berkurang lebih dari 300.000 menjadi hanya di bawah 6 juta pada kuartal pertama, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Yang membuktikan jika rebound ekonomi negeri matador telah membantu meringankan salah satu krisis pekerjaan terburuk di negara maju.

Kendati demikian, laporan biro statistik nasional hari Selasa juga menunjukkan tingkat pengangguran di Spanyol justru mencatat kenaikan tipis menjadi 25,9% pada 3 bulan pertama tahun ini dari 25,7% pada kuartal terakhir tahun 2013.

Peningkatan tersebut diklaim lebih disebabkan oleh perubahan dasar perhitungan, seiring biro statistik mulai kembali menggunakan metode sensus tahun 2011 dan meninggalkan meode sensus tahun 2001. Jika mengacu dari metode penghitungan sebelumnya, maka tingkat pengangguran Spanyol pada kuartal ke-4 tahun lalu akan bertengger pada 26%.

Spanyol terus menunjukkan perkembangan positif setelah terperosok sepanjang 6 tahun terakhir. Pada pekan lalu, Bank of Spain mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi terbesar ke-4 zona Euro telah berakselerasi pada kuartal pertama menyusul peningkatan belanja konsumen dan investasi perusahaan. Dalam buletin ekonomi bulan April, Bank of Spain memprediksi angka pertumbuhan ekonomi kuartalan akan menyentuh 0,4% dalam periode Januari-Maret. Pertumbuhan tahunan juga diperkirakan akan memperlihatkan kenaikan, untuk pertama kalinya dalam 9 kuartal, dengan tumbuh 0,5%. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar