Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Transaksi Sepi, Harga Rumah di Ibukota Tiongkok Justru Makin Mahal

Jumat, 2 Januari 2015 14:41 WIB
Dibaca 600

Monexnews - Meskipun pasar rumah di Tiongkok belum sepenuhnya aktif seperti dulu, harga hunian di ibukota Beijing sudah semakin mahal. Menurut data hari ini, harga rumah real-estat di Beijing sudah mencapai level tertingginya dalam setahun terakhir.

Volume transaksi rumah tahunan sesungguhnya anjlok ke posisi level terendahnya dalam 3 tahun terakhir di 2014. Tetapi di akhir tahun, harga rumah pribadi rata-rata mencapai 25,286 Yuan per meter persegi ($376 per kaki persegi) atau naik 7,6% dibandingkan akhir 2013 lalu. Menurut lembaga agensi Centaline Property, padahal volume jual beli rumah cenderung lebih sedikit hingga mencapai posisi terendahnya sejak tahun 2012.

Tercatat hanya sebanyak 66.078 unit rumah terjual, di mana periode penjualan terburuk terjadi di kuartal perdana 2014. Kemudian baru pada beberapa bulan setelahnya, transaksi rumah menjadi lebih ramai karena pemerintah mulai memperlonggar aturan kepemilikan dan meringankan bunga kredit. Secara spesifik, kenaikan harga di tengah menurunnya volume transaksi menunjukkan bahwa jumlah pelaku pasar hunian berkurang, terutama untuk rumah siap huni. Saat rumah-rumah mahal banyak berpindahtangan, hunian kelas bawah justru kehilangan peminatnya. Warga yang ingin membeli terjebak oleh tingginya harga dan kurangnya fasilitas kredit. Hal ini menunjukkan kesenjangan antara lalu lintas transaksi rumah mahal di tingkat atas dan rumah-rumah sederhana untuk mayoritas warga.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar