Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Tsipras Ingatkan Merkel Akan Kesulitan Tunaikan Kewajiban Utangnya

Senin, 23 Maret 2015 17:20 WIB
Dibaca 509

Monexnews - Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, menyampaikan keberatannya kepada Kanselir Jerman, Angela Merkel, dalam sebuah surat tertanggal 15 maret. Media Financial Times melaporkan, Yunani kesulitan menyelesaikan kewajiban utangnya dalam beberapa pekan jika Uni Eropa tidak memberikan bantuan finansial jangka pendek untuk Athena.

Dalam surat tersebut, Tsipras memberikan peringatan pemerintahannya harus memilih antara membayar utang, dengan kreditur terbesar adalah International Monetary Fund (IMF), atau melanjutkan pengeluaran sosialnya. Tspiras juga menuding European Central Bank (ECB) yang menyulitkan usaha Yunani mendapatkan likuiditas melalui swap obligasi pemerintah. ECB melarang bank-bank di Eropa mengambil surat utang pemerintah Yunani yang bernilai sangat rendah. Tsipras juga menuliskan kesulitan Yunani karena keengganan para pejabat zona Euro untuk memberikan bantuan finansial sebelum Yunani menyerahkan reformasi ekonomi yang baru.

Pertemuan Jerman dan Yunani menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk meredakan ketegangan di antara kedua pihak. Pada hari Jumat, Merkel menyatakan kedatangan Yunani adalah untuk menjaga hubungan bilateral. Jerman sendiri meruapakan salah satu kontributor terbesar Yunani dan pemerintahan Merkel ingin Yunani menyerahkan rencana reformasi ekonomi secepatnya pekan ini aga bisa mendapatkan dana bantuan sehingga bisa terhindar dari ancaman default. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar