Selasa, 24 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

world-economy  World Economy

Tsipras: Yunani Tidak Akan Kembali Dalam Pengetatan

Senin, 16 Maret 2015 17:24 WIB
Dibaca 723

Monexnews - Yunani tidak akan kembali ke dalam pengetatan, menurut Perdana Menteri Alexis Tsipras pada hari Senin, menambahkan bahwa dirinya yakin dapat mencapai kesepakatan dengan mitra internasional untuk menyelamatkan sektor keuangannya. Menurut pernyatan Tsipras yang dikutip oleh harian Ethnos, kunci untuk kompromi dengan pihak troika adalah untuk menyadari bahwa kebijakan pengetatan telah gagal, tidak hanya di Yunani, namun di seluruh Eropa. Pemerintah sayap kiri Yunani memenangkan pemilu di bulan Januari dalam janji untuk merombak pengetatan anggaran dan menegosiasikan kembali syarat bailout senilai 240 milyar euro. Namun pihaknya mendapat penentangan yang kuat dari negara mitranya di zona euro yang tidak bersedia untuk berkompromi banyak. 

Meski pihak Athena telah mendapatkan perpanjangan selama 4 bulan pada kesepakatan bailout, kesepakatan tanggal 20 Februari lalu tidak memberikan Yunani akses terhadap bantuan dari zona euro dan International Monetary Fund, yang akan memicu krisis keuangan. Untuk mendapatkan sisa bantuan, pihak Athena harus menyepakati paket reformasi yang telah direvisi. Dengan semakin minimnya jumlah uang, pemerintah mencoba untuk menerbitkan obligasi dengan jangka yang lebih seingkat, namun European Central Bank sejauh ini telah menolak untuk memberikan lampu hijau.
Tsipras mengatakan kebijakan bailout 5 tahun belakangan ini telah memicu resesi, menaikkan tingkat pengangguran dan krisis kemanusiaan. pihak Athena dapat mencapai kesepakatan dengan pihak kreditur berdasarkan reformasi yang diajukan, namun diskusi masih berlangsung alot. Tsipras mengatakan halangan apapun yang kami hadapai pada usaha negosiasi, tidak akan membuat kami kembali kepada kebijakan pengetatan. Ditanyakan mengenai apakah pemerintah memiliki rencana alternatif jika pihak kreditur terus menolak mengucurkan dana bantuan yang dibutuhkannya, Tsipras mengatakan ia memperkirakan masalah tersebut akan selesai pada pertemuan Uni Eropa pekan ini, yang dijadwalkan tanggal 19 dan 20 Maret. Tsipras tidak yakin bahwa Yunani akan membutuhkan rencana alternatif karena permasalahan akan terselesaikan pada level politik pada akhir pekan ini menjelang pertemuan Uni Eropa atau pada pertemuan Uni Eropa itu sendiri.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar