Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Tumbuh Cepat, Perekonomian Spanyol Terbaik di Zona Eropa

Rabu, 30 Juli 2014 15:00 WIB
Dibaca 907

Monexnews - Badan Statistik Spanyol hari ini melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional untuk kuartal II 2014 sebesar 0.6% dibandingkan triwulan pertama. Persentase tersebut lebih bagus dibandingkan perkiraan bank sentral sekaligus menjadikan negara ini sebagai anggota Euro dengan kinerja ekonomi terbaik sepanjang periode tersebut.

Menurut data INE, perekonomian kuartal II Spanyol tumbuh dalam laju tercepatnya dalam enam tahun terakhir. Hal ini sangat kontras dengan trend ekonomi di negara zona Euro lainnya yang justru mendekati nihil.

Bank of Spain pekan lalu memperkirakan gross domestic product meningkat 0.5% di kuartal II atau lebih baik dibandingkan catatan kuartal I yang sebesar 0.4%. Data resmi sebesar 0.6% menunjukkan betapa efektifnya program kerja pemerintah. Pakar ekonomi bahkan menyebut kinerja ekonomi Spanyol sebagai salah satu yang terbaik di Eropa berkat efek reformasi ekonomi pasca resesi beberapa tahun silam.  

Dalam laporan pekan lalu, jumlah pengangguran di negara Spanyol akhirnya juga berkurang di kuartal II 2014. Upaya pemerintah untuk memperluas lapangan kerja sukses membuka 402.400 posisi baru dan  menurunkan jumlah warga tanpa pekerjaan sampai 300.000 orang.

Seiring dengan pesatnya laju pemulihan ekonomi domestik, persentase pengangguran di Spanyol turun dari 25.9% (kuartal I 2014) menjadi 24.5% di triwulan II. Namun demikian, rasio sebanyak itu masih tergolong fantastis bagi sebuah negara maju sehingga pemerintah tidak boleh berpuas diri.

Spanyol merupakan negara perekonomian terbesar ke-4 di zona Euro. Sejak mengalami kemunduran ekonomi dalam enam tahun terakhir, jumlah pengangguran meningkat dari waktu ke waktu. Tahun 2014 bisa menjadi momen kebangkitan bagi negeri matador karena perekonomiannya berbalik positif. .

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar