Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

Twitter Luncurkan Fasilitas Peringatan Darurat

Kamis, 26 September 2013 10:30 WIB
Dibaca 442

Monexnews - Menjelang debutnya di bursa saham, perusahaan jejaring sosial Twitter meluncurkan inovasi baru. Lini masa (timeline) Twitter kini dilengkapi oleh peringatan dini (alert) untuk membantu penggunanya mengetahui informasi tentang layanan publik dan instruksi badan tertentu dalam suatu kondisi darurat.

Layanan informasi darurat di Twitter bertujuan untuk memberikan informasi akurat kepada para pengguna yang disunting dari pengumuman badan-badan atau organisasi resmi. Di tengah situasi kritis, seperti bencana alam, timeline Twitter akan menampilkan informasi jelas dari instansi berwenang. Dengan demikian, pengguna akun sosial ini tidak akan mudah terpengaruh oleh kesimpangsiuran berita dari sumber yang kurang jelas. Layanan 'alert' untuk sementara waktu baru diluncurkan di Amerika Serikat dan disusul oleh peresmian di dua negara terbesar Asia.

Beberapa instansi yang sepakat menyampaikan informasi publik via Twitter antara lain pemadam kebakaran, kantor polisi dan badan pemerintah termasuk pemda. Implementasinya sederhana, lembaga-lembaga resmi yang terkait dengan situasi krisis diberi akses oleh Twitter untuk menyampaikan informasi, baik berupa pemberitahuan, status maupun instruksi kepada pengguna. Pesan dari lembaga resmi itu akan muncul di timeline dengan tambahan ikon berwarna oranye agar terlihat jelas. Namun peringatan itu hanya muncul di timeline pengguna yang sudah mendaftarkan diri untuk menerima layanan tersebut. Apabila terjadi kondisi khusus, seperti bencana alam, instansi berwenang terdekat akan memberikan instruksi untuk menyelamatkan diri dan bertahan hidup. Misalnya dengan mengarahkan pengguna Twitter ke sumber air bersih atau lokasi yang lebih aman.

Meski terdengar baru, fasilitas ini sudah dicoba sebelumnya di Jepang saat gempa Fukushima tahun 2011. Hasil eksperimen mendapat sambutan positif karena bisa mendidik pengguna media sosial untuk menyaring informasi dari kicauan yang benar. Bukan tidak mungkin dalam implementasinya nanti, fasilitas alert Twitter ini bisa menyelamatkan banyak nyawa dalam kondisi kritis. Twitter bertekad menambah jaringan kerjasama dengan berbagai instansi sosial di Amerika dan berniat memperluas layanan ini ke negara lain di samping Amerika Serikat, Jepang dan Korea.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar