Rabu, 16 Agustus 2017

world-economy  World Economy

Ungkapan Duka Pemimpin Dunia atas Wafatnya Nelson Mandela

Jumat, 6 Desember 2013 10:24 WIB
Dibaca 605

Monexnews - Sosok paling berpengaruh dalam kesetaraan hak azasi manusia, Nelson Mandela, wafat pada hari Kamis (05/12) pukul 8.50 malam waktu Afrika Selatan. Presiden kulit hitam pertama di negaranya itu meninggal pada usia 95 tahun karena sakit.

Jutaan orang di dunia mengekspresikan rasa duka yang mendalam atas kepergian figur paling berpengaruh pasca era kolonialisme. Ungkapan sedih tercermin pada ramainya pemberitaan media dan posting di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Tagar #RIPNelson Mandela bahkan menjadi trending worldwide di jejaring sosial Twitter sejak berita duka datang dari benua hitam. Sejak pertama kali dipastikan wafat, pemimpin negara-negara dunia menyatakan rasa belasungkawa kepada seluruh warga Afrika Selatan. Dari sekian banyak pesan yang membanjiri media, berikut ini adalah pernyataan resmi dari beberapa negarawan dan tokoh internasional yang dilansir oleh beberapa media:

- Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan

"Rakyat Afrika Selatan, dengan ini saya mengumumkan kepergian Nelson Mandela, bapak pendiri negara ini. Ia kini sudah beristirahat dalam damai. Negara kita kehilangan anak terbaiknya, dan rakyat kita kehilangan bapak terbesarnya. Walaupun semua sudah tahu kalau hari ini akan datang, sulit untuk tidak merasakan duka yang mendalam. Rasa hormat bagi keluarga Nelson Mandela yang sudah berkorban banyak sejak lama demi kebebasan warga Afrika Selatan."

- Barack Obama, Presiden Amerika Serikat

"Saat ia (Mandela) menjalani sidang pada tahun 1964, ia menyatakan dirinya ditangkap karena menolak dominasi kulit putih di Afrika Selatan. Ia adalah orang yang memperjuangkan persamaan hak dan demokrasi bagi seluruh warga tanpa memandang ras dan warna kulit. Mandela berhasil mewujudkan itu semua sebelum akhirnya dipanggil Yang Maha Kuasa. Duka yang mendalam bagi seluruh dunia."

- George Bush, Mantan Presiden Amerika Serikat

Saya dan keluarga ikut berduka dengan seluruh warga Afrika Selatan atas kepergian Nelson Rolihlahla Mandela. Ia merupakan orang yang membuat dunia ini menjadi lebih baik. Wlaupun akan selalu dirindukan, warisan perjuangannya akan hidup selamanya. Saya dan istri mengucapkan rasa duka mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan serta rakyat yang ia tinggalkan."

- John Boehner, Anggota Kongres AS Republikan

"Mandela adalah suara demokrasi, dan perjalanan panjangnya menuju kebebasan mencerminkan kepercayaan tanpa batas kepada Tuhan dan rasa hormat pada hak azasi manusia. Tekadnya dalam melawan sistem apartheid akan terus menginspirasi generasi mendatang. Ia memimpin rakyatnya dalam menjalani masa sulit dari penjara hingga menjadi presiden. Ia adalah seorang juara dalam hal perdamaian dan harmonisasi ras."

- Ban Ki-moon, Sekjen PBB

"Karena Mandela, semua orang di Afrika dan belahan dunia lainnya bisa menikmati kebebasan nan bermartabat. Kita semua harus belajar dari kebijakan, tekad dan komitmen Mandela semasa ia hidup."

- David Cameron, Perdana Menteri Inggris

"Satu cahaya hilang dari muka bumi. Nelson Mandela adalah pahlawan di masa kita sekarang. Saya perintahkan bendera di No10 untuk dikibarkan setengah tiang."

- Steve Harper, Perdana Menteri Kanada

"Dunia telah kehilangan pejuang moralnya."

- Angela Merkel, Kanselir Jerman

"Nelson Mandela adalah simbol kemanusiaan. Bahkan saat dipenjara pun ia masih bisa mengirimkan pesan kebebasan pada umat manusia. Warisan terbesarnya tidak lain adalah kehidupan politik tanpa diskriminasi dan rasisme, yang menginspirasi banyak orang sampai sekarang."

 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar