Minggu, 22 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Uni Emirat Arab: OPEC Bukan Penentu Harga Utama

Rabu, 10 Desember 2014 11:04 WIB
Dibaca 1034

Monexnews - Salah satu anggota Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), Uni Emirat Arab (UEA), menegaskan bahwa pergerakan harga minyak ditentukan oleh respon pelaku pasar dan besaran biaya produksi. Delegasi UEA menyatakan bahwa OPEC bukanlah penentu harga utama, dan kinerja harga berada di tangan pelaku pasar.

Menurut Wakil Direktur Pemasaran dan Penyulingan Abu Dhabi National Oil Co (ADNOC), Mubarak al-Ketbi, pasar sendiri yang akan membentuk keseimbangan harga melalui permintaan dan pasokan. Ia seakan membela keputusan OPEC yang mempertahankan produksi minyak mentahnya meski harga terus menurun dari waktu ke waktu. Padahal dalam pertemuan rutin OPEC terakhir, Iran dan Venezuela bersikeras meminta organisasi untuk mengurangi produksi supaya harga kembali naik. "OPEC tidak bisa mendikte harga, semua tergantung pasar," ujar bos BUMN migas ini dalam Forum Perminyakan Timur Tengah yang diselenggarakan oleh Platts di Dubai.

Meningkatnya produksi minyak dari negara non-OPEC seperti Rusia dan Amerika Serikat juga jadi salah satu penyebab OPEC tidak mau mengubah kebijakan produksinya. Target produksi masih dipatok sebesar 30 juta barel per bulan. Sulit bagi OPEC untuk mendukung perbaikan harga karena ada Rusia dan Amerika yang terlibat dalam proses ini.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar