Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Valuta Emerging Market Berupaya Bangkit

Selasa, 4 Februari 2014 22:02 WIB
Dibaca 404

Monexnews -

Mata uang negara emerging berhasil bangkit terhadap Dollar di hari Selasa, pulih secara moderat dari kejatuhan tajam dalam 2 pekan terakhir.

Rand afrika Selatan dan Lira Turki, yang merupakan dua mata uang yang paling terpukul dalam beberapa pekan terakhir memimpin rebound, diikuti rupee India, peso Mexico dan Real Brazil yang secara keseluruhan menguat.

Pemulihan di hari Selasa ini kemungkinan dipicu oleh aksi profit taking dari para spekulan maupun hedge fund setelah melakukan short selling sejumlah valuta emerging market seiring kecemasan pelambatan ekonomi China, berkurangnya stimulus The Fed sehingga negara emerging yang memiliki defisit neraca berjalan yang tinggi menjadi sasaran spekulasi.

Meski sejauh ini berhasil pulih, namun valuta emerging market berpotensi terus tertekan akibat redupnya prospek pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya ketegangan politik domestik seperti di Turki dan Argentina.

Apalagi jika data nonfarm payrolls AS hari Jumat nanti dirilis lebih baik dibanding estimasi, dimana hal ini berpotensi memacu spekulasi reduksi stimulus The Fed lebih cepat dan menyebabkan tekanan baru pada valuta emerging market.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar