Senin, 11 Desember 2017

world-economy  World Economy

Vladimir Putin Masuk dalam Bursa Penerima Nobel

Kamis, 6 Maret 2014 14:09 WIB
Dibaca 461

Monexnews -  Kejutan kembali mewarnai bursa penerima Nobel untuk tahun 2014. Nama Presiden Rusia, Vladimir Putin, masuk dalam daftar tokoh yang dianggap layak menerima penghargaan bagi pejuang perdamaian.

Menurut laporan CBS, Vladimir Putin masuk dalam daftar nominasi penerima Nobel Perdamaian. Namanya diajukan oleh ribuan orang dari seluruh dunia untuk merebut gelar bergengsi tersebut. Meskipun kans-nya untuk menang tidak terlalu besar, munculnya nama Putin sebagai favorit penerima Nobel cukup mengejutkan. Mengingat belakangan ini pemerintahannya dituding sebagai biang kekisruhan yang terjadi di Ukraina dan Eropa. Kebijakannya untuk memobilisasi pasukan militer ke perbatasan Ukraina dianggap pihak barat sebagai intervensi kedaulatan dan pelanggaran HAM.  

Komite panitia telah menerima 278 nama calon penerima Nobel Perdamaian tahun ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Nobel. Nantinya komite akan menyaring ratusan nama tersebut menjadi hanya 25 tokoh pada hari Selasa mendatang, sebelum hasilnya diseleksi lagi menjadi 12 orang saja.

Sosok kontroversial lainnya yang masuk bursa adalah whistle-blower CIA, Edward Snowden, yang terkenal karena membocorkan berbagai aksi spionase Amerika Serikat terhadap warganya sendiri dan pemerintah negara Eropa. Nama calon penerima Nobel yang beritanya menyita perhatian dalam setahun terakhir antara lain adalah Paus Francis dan Malala Yousafzai, gadis remaja Pakistan yang kepalanya ditembak oleh tentara Taliban.  

Kemunculan Vladimir Putin memang dimungkinkan karena warga negara manapun berhak mengajukan nama tokoh untuk dicalonkan sebagai penerima Nobel Perdamaian. Lebih dari itu, masuknya Putin ke dalam daftar nominasi juga bisa menunjukkan betapa masih banyak orang yang menghargai keberaniannya dalam menentang dominasi politik Amerika. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar