Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Wacana Pengenaan PPnBM Smartphone Kembali Mengemuka

Jumat, 4 April 2014 11:47 WIB
Dibaca 343

Monexnews - Wacana mengenai pengenaan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk telepon pintar (smartphone) kembali mengemuka. Hal tersebut terjadi setelah media memberitakan bahwa wacana penerapannya telah dibahas kementerian sektoral, yakni Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Meski demikian, sampai dengan saat ini wacana pengenaan PPnBM tersebut belum dibahas di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sebelumnya, media memberitakan bahwa Kemenkeu akan segera mengkaji Peraturan Pemerintah (PP) atas pengenaan PPnBm pada smartphone. Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, Bambang P.S. Brodjonegoro mengaku belum mendapatkan informasi langsung dari kementerian terkait.

Penerapan kebijakan tersebut, menurut Wamenkeu II, nantinya harus dibarengi dengan perbaikan sistem telekomunikasi di Indonesia, sehingga dapat dipastikan ponsel pintar yang beredar merupakan barang resmi. Dengan pembenahan sistem telekomunikasi, penyelundupan diharapkan dapat berkurang. "Perlu pembenahan sistem telekomunikasi agar ponsel yang diimpor ilegal tidak bisa dipakai di Indonesia," tambahnya. Ia menambahkan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memblokir International Mobile Station Equipment Identity (IMEI) ponsel ilegal tersebut.(nic)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar