Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

Wamen ESDM: Persyaratan Ekspor Mineral Tidak Bisa Ditawar!

Selasa, 11 Februari 2014 14:26 WIB
Dibaca 573

Monexnews - Pemerintah berkomitmen untuk menjalankan amanat undang-undang no.4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral, batubara dan produk turunannya. Kebijakan untuk meningkatkan nilai tambah mineral domestik tersebut sangat menguntungkan bagi bangsa Indonesia, oleh karena itu  pemerintah tidak akan berkompromi dalam pelaksanaannya.

Perusahaan-perusahaan besar yang selama ini memonopoli lahan pertambangan, seperti Freeport dan Newmont, masih diperbolehkan mengekspor mineral. Akan tetapi pemerintah mewajibkan mereka untuk mengolahnya lebih dulu guna meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri dan benar-benar membangun smelter. “Untuk ekspor tambang mineral, Freeport dan Newmont boleh ekspor konsentrat. Tetapi nomor satu, mereka harus komit untuk bikin smelter. Kemudian untuk mendapatkan surat izin rekomendasi ekspor dari pemerintah, mereka juga harus menyerahkan roadmap yang jelas untuk membangun smelter,” ujar Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswo Utomo, saat kunjungan kerja ke Sukabumi seperti dilansir dari rilis berita kementerian ESDM. 

Keseriusan untuk membangun smelter menurut Wamen wajib dilakukan dan tidak bisa dikompromikan. “Saya ingin mereka berkomitmen karena persyaratan itu non-negotiable, tidak bisa ditawar lagi ,” imbuh Wamen. Menurutnya, semua pihak harus mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia dan berupaya memenuhi persyaratan pemerintah. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar