Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Wamenkeu Jepang: Target Utama Kami Menangkal Deflasi

Kamis, 7 Februari 2013 14:34 WIB
Dibaca 651

Monexnews - Wakil menteri keuangan Jepang hari ini berbicara pada suatu seminar yang digelar oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Dalam pernyataannya, Takehiko Nakao menyebut bahwa tujuan utama kementeriannya saat ini adalah menghentikan deflasi. Seluruh jajaran pemeirntah siap mengemban amanat pencapaian target inflasi 2% yang diminta oleh perdana menteri Shinzo Abe. 

"Sejauh ini semua kebijakan berjalan sesuai rencana," ujarnya ketika mengulas soal kenaikan harga saham dan penurunan nilai tukar Yen. Nakao juga menggarisbawahi iklim suku bunga jangka panjang yang masih sangat rendah. Deflasi selama dua dasawarsa terakhir telah memicu kerusakan akut dalam sistem ekonomi Jepang, khususnya menyangkut penurunan harga dan pendapatan warga. Arus investasi juga berkurang, searah dengan minimnya konsumsi rumah tangga.

Menurut Nakao, suku bunga tidak bisa diturunkan lagi dan angka penjualan bisa terus jatuh di tengah iklim deflasi. Jika demikian, maka pemerintah makin kesulitan untuk membayar beban hutangnya. "Jepang telah mengalami deflasi berkesinambungan selama dua dasawarsa terakhir, dan itu sangat merusak," ujarnya. Nakao menilai suku bunga riil sudah sangat tinggi jika dibandingkan dengan level ideal yang seharusnya. Masyarakat cenderung mengurangi konsumsi di tengah iklim deflasi dengan harapan harga-harga menjadi lebih murah. Pun demikian, Nakao melihat adanya risiko jika pemerintah hanya mengandalkan kredit murah dan stimulus fiskal. "Kami harus mencermati kinerja fiskal jika tidak ingin kehilangan kredibilitas," tutup Nakao.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar