Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Wapres: Perlu Konsensus Nasional Terkait Subsidi Energi

Rabu, 30 April 2014 13:17 WIB
Dibaca 371

Monexnews - Wakil Presiden (Wapres) Boediono memandang, perlu konsensus nasional untuk mempertimbangkan beban subsidi energi yang semakin membengkak. "Ini perlu sama-sama kita pikirkan, tidak hanya pemerintah saja, tidak hanya DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) saja," demikian ia sampaikan saat membuka Indonesia Green Infrastructure Summit 2014 di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, pada Selasa (29/4).

Oleh karena itu, Wapres menekankan pentingnya konsensus nasional secara sistematis dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap subsidi energi, terutama subsidi bahan bakar minyak (BBM) dalam jangka menengah. "Bagaimana pemecahannya (tentang subsidi BBM) dalam jangka menengah, ini harus ada konsensus nasional. Tidak bisa diserahkan ke negara, karena ini menyangkut banyak hal," katanya.

Konsensus nasional tersebut, menurutnya, harus melibatkan berbagai kalangan, baik pemerintah, DPR, maupun swasta. Jika tidak, Indonesia akan terombang-ambing dengan beban subsidi yang semakin membengkak. "Tidak bisa dihapus dalam 1-2 tahun, tetapi harus dilakukan secara sistematis. Saya berharap dalam beberapa tahun ke depan ada langkah-langkah sistematik ke arah suatu tujuan bersama. Jadi ada insentif maupun disinsentif yang ditata menuju clean energy system yang didasarkan pada masterplan jangka menengah dan panjang,” ungkapnya.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar