Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Wapres: Samakan Persepsi Kebijakan Terkait Bisnis di Tanah Air

Kamis, 17 Oktober 2013 16:39 WIB
Dibaca 403

Monexnews - Wakil presiden Boediono menekankan pentingnya menyamakan persepsi mengenai berbagai kebijakan di luar ekonomi yang mempengaruhi bisnis di tanah air, seperti kebijakan di sektor riil yang penting untuk segera dilaksanakan. Hal ini ia sampaikan saat membuka Trade Expo ke-28 di Jakarta International Trade Expo Kemayoran, Jakarta pada Rabu (16/10).

Untuk mendukung hal tersebut, lanjutnya, pemerintah, telah berkomitmen untuk menurunkan biaya logistik. Menurut Wapres, dengan biaya logistik yang lebih murah, daya saing ekspor dapat ditingkatkan. Selain itu, murahnya biaya logistik juga merupakan sebuah pertahanan terhadap membanjirnya impor yang berlebihan.

Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi biaya logistik antara lain dengan peningkatan kapasitas pelabuhan Tanjung Priok dan akan dibangunnya pelabuhan baru oleh PT. Pelindo II dan wilayah-wilayah lain di Indonesia Timur. Selain itu, pemerintah juga telah melakukan peningkatan kapasitas jalur kereta api double track yang akan selesai tahun depan. Pemerintah juga telah melakukan pembangunan pembangkit listrik bertenaga 2x1000 megawatt di Batang, Jawa Tengah dan perluasan bandara baru di Medan, Surabaya, Bali, Balikpapan dan kota-kota lainnya.

Pemerintah, lanjut Wapres, juga akan mengurangi banyaknya regulasi baik di tingkat pemerintah daerah maupun pusat demi mencapai peringkat indeks kemudahan berbisnis (ease of doing business) yang lebih baik. Selain itu, Wapres juga menegaskan pentingnya memonitor perkembangan marketing di dunia yang serba cepat. "Kita perlu melihat pasar mana yang tumbuh cepat, mana yang menurun. Mana yang baru yang perlu kita masuki. Kegesitan ini perlu kita lakukan bersama, antara eksportir yang difasilitasi pemerintah. Pada 2014 ada perubahan dinamika global. Ini yang harus kita monitor," kata Wapres.(wa)


Sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar