Senin, 24 Juli 2017

world-economy  World Economy

Warga Jepang Masih Yakin Inflasi Segera Tercapai

Rabu, 2 April 2014 11:52 WIB
Dibaca 482

Monexnews - Bank Sentral Jepang tengah berjuang menggenjot inflasi harga konsumen ke level lebih tinggi melalui berbagai programnya. Kombinasi antara stimulus dan suku bunga rendah diyakini mampu mempercepat laju ekonomi dalam kurang dari dua tahun ke depan.

Terlepas dari kerasnya upaya pemerintah dalam mendorong laju ekonomi, optimisme warga Jepang terhadap kenaikan harga-harga produk dalam beberapa tahun mendatang cenderung melemah. Hasil survei untuk periode Maret yang dilakukan oleh Bank of Japan menunjukkan bahwa jumlah warga yang optimis dengan trend kenaikan harga konsumen semakin berkurang. Kalau pada bulan Februari sebanyak 80.9% responden percaya kenaikan harga segera terjadi, maka pada bulan Maret jumlahnya semakin turun, yakni sebesar 79.9%. Pun demikian, rasio penurunan masih terbilang kecil di tengah upaya pemerintah memerangi deflasi. 

Indeks penilaian konsumen terhadap kondisi perekonomian terkini memang membaik dari minus 9.2 (Desember) menjadi minus 6.4. Angka pada indeks didapat dengan cara membagi persentase orang yang menilai perekonomian memburuk dibandingkan setahun lalu, dengan orang yang menganggap perekonomian membaik. Sementara indeks outlook ekonomi untuk tahun depan memburuk dari minus 14.0 menjadi minus 16.5. Dalam survei terbaru, BOJ meminta responden untuk mengabaikan dampak yang akan terjadi pasca kenaikan pajak.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar