Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

Won Anjlok Ke Level Rendah 15 Bulan Pada Kejatuhan Ekspor Korsel

Senin, 1 Desember 2014 15:10 WIB
Dibaca 558

Monexnews - Won turun ke level terendah dalam 15 bulan pada spekulasi bahwa bank sentral akan melakukan intervensi untuk melawan pelemahan yen setelah sebuah laporan menunjukkan nilai ekspor Korea Selatan secara tak terduga berkontraksi.

Data pemerintah pada hari ini menunjukkan bahwa pengiriman keluar negeri turun sebesar 1.9% di bulan November dari setahun yang lalu, dibandingkan dengan estimasi median untuk kenaikan 1.8% dalam survei Bloomberg. Yen memimpin pelemahan mata uang Asia pada kuartal sekarang setelah Bank of Japan meningkatkan stimulus moneternya. Para eksportir Jepang dan Korea bersaing dipasar internasional untuk produk-produk seperti ponsel dan perangkat elektronik.

Hong Seok Chan, analis di Daishin Economy Research Instutute di Seoul mengatakan bahwa pelemahan yen seharusnya membebani pikiran dari para pembuat kebijakan. Pelemahan won terkait dengan pergerakan yen.

Won tergelincir sebesar 0.5% menjadi 1,113.60 per dollar pada hari ini. Mata uang turun sebelumnya turun sebanyak 1.1% ke 1,119.95, itu adalah level terlemah sejak Agustus 2013, dan turun sebesar 0.5% terhadap yen menjadi 9.3826.

Gubernur Bank of Korea Lee Ju Yeol pada tanggal 18 November mengatakan bahwa pemerintah menyadari dampak terhadap perekonomian Korea Selatan dari pelemahan yen dan akan bertindak untuk mempertahankan stabilitas nilai tukar mata uang jika diperlukan.

Nilai impor menyusut sebesar 4% di bulan November, mengirim surplus perdagangan turun menjadi $5.6 milyar, itu adalah level setidaknya sejak September. Yen anjlok sebesar 7.8% pada kuartal sekarang, diikuti penurunan won sebesar 5.7%.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar