Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

World Bank: Kebijakan Iklim Dapat Dongkrak GDP Global

Selasa, 24 Juni 2014 8:12 WIB
Dibaca 389

Monexnews - Output perekonomian global dapat naik sebanyak 2.6 trilyun dollar (1.53 trilyun pound) setahun, atau sekitar 2.2%, hingga tahun 2030 jika kebijakan pemerintah meningkatkan efisiensi energi, manajemen limbah dan transportasi publik, menurut laporan World Bank. Laporan tersebut yang dihasilkan bersama dengan ClimateWorks Foundation, menganalisa manfaat kebijakan ambisius untuk memangkas emisi dari sektor transportasi, industri dan bangunan serta dari limbah dan minyak goring di Brasil, China, India, Meksiko, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Laporan tersebut menunjukkan perlihat menuju transportasi dengan level carbon yang rendah dan membaiknya efisiensi energi di pabrik-pabrik, bangunan dan penerapannya dapat menaikkan pertumbuhan gross domestic product (GDP) global sebanyak 1.8 trilyun dollar, atau 1.5%, hingga tahun 2030. Jika pembiayaan dan investasi teknologi meningkat, GDP global akan mendapatkan dorongan tingkat pertumbuhan sebanyak 2.6 trilyun dollar, atau 2.2%, hingga tahun 2013, menurut World Bank.

Kebijakan iklim juga dapat menghindari setidaknya 94,000 kemarian prematur setahun dari penyakit akibat polisi hingga tahun 20130, meningkatkan produktivitas tumbuhan dan mencetah sekitar 8.5 juta metric ton polusi udara, sama seperti menarik sekitar 2 milyar mobil dari jalanan. Sebagai contoh, jika China merilis 70 juta unit kompor rendah carbon, maka China dapat menghindari sekitar 1 juta kematian premature dari polusi dan meraup sekitar 11 milyar dollar utnuk perekonomian.

"Intervensi tersebut akan nampak tidak masuk akal bagi pemerintah di seluruh dunia," World menurut Jim Yong Kim, presiden Wolrd Bank. "Laporan ini menghilangkan persepsi salah atas tidak diperlukannya langkah terhadap perubahan iklim,” tambahnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar