Sabtu, 21 Oktober 2017

world-economy  World Economy

World Bank Pangkas Target Pertumbuhan Indonesia untuk 2015

Senin, 8 Desember 2014 14:00 WIB
Dibaca 625

Monexnews - Selain mengungkapkan ramalan inflasinya, Bank Dunia hari ini juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk tahun 2015 mendatang. Perekonomian domestik diperkirakan hanya tumbuh 5,2% persen, lebih rendah dibandingkan estimasi yang diumumkan bulan Juli lalu yang sebesar 5,6%.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo Chaves, mengatakan bahwa perlambatan ekonomi dunia akan berpengaruh terhadap penurunan harga sejumlah komoditas asli Indonesia. Dengan demikian maka pemasukan ekonomis dari lini ekspor akan berkurang atau kurang lebih kondisinya sama dengan tahun ini.

Namun demikian, Bank Dunia menilai estimasi pertumbuhan yang kecil untuk tahun depan dapat berbalik arah apabila arus investasi meningkat di atas harapan, terutama di sektor riil. Terlebih lagi konsumsi pasar domestik juga masih kuat sehingga mampu mendukung upaya pertumbuhan. "Jika Indonesia mampu memperkuat sektor ekonomi lain dan menggenjot investasi, maka pertumbuhan bisa lebih tinggi (dibanding perkiraan)," katanya.

Oleh karena itulah, Rodrigo menyarankan pemerintah untuk mengoptimalkan daya serap belanja modal. Sampai akhir Oktober lalu, penyerapan belanja modal pemerintah hanya mencapai 38% dari total alokasi pendanaan untuk tahun 2014. Rasio tersebut terlalu rendah dan tidak efektif untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar