Sabtu, 23 September 2017

world-economy  World Economy

Xiaomi Siap Buka Toko Online Pertama di Amerika dan Eropa

Jumat, 29 Mei 2015 11:34 WIB
Dibaca 4732

Monexnews - Xiaomi berencana membuka toko online di di Amerika Serikat dan Eropa. Vice President perusahaan untuk wilayah Eropa, Hugo Barra, meyakini langkah ini akan berhasil karena Xiaomi memiliki basis pengguna yang loyal.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Barra menegaskan fans Xiaomi sangat memiliki keterikatan dengan gadgetnya. "Mereka juga selalu tertarik dengan layanan terintegrasi kamu karena semakin mempermudah aktivitasnya," demikian katanya.

User Xiaomi yang biasa disebut dengan Mi Fans sangat diuntungkan oleh keberadaan ekosistem Xiaomi. Misalnya saat ingin memesan makanan cepat saji di sebuah restoran, mereka akan langsung bisa meng-klik pesanannya di ponsel dalam aplikasi yang tidak dimiliki oleh merek ponsel lainnya. Aplikasi ini dibuat oleh komunitas pengguna Xiaomi yang tersebar di seluruh dunia.

Perusahaan yang diririkan 5 tahun lalu ini merupakan pemain utama di industri ponsel China. Di kuartal IV 2014, Xiaomi menguasai 14% pangsa pasar Tiongkok di atas produsen besar lainnya semacam Apple dan Huawei.

Barra sesumbar bahwa perusahaannya adalah satu-satunya produsen yang memanfaatkan secara optimal sistem operasi Android, baik dari sisi pemasaran maupun pengembangan teknologi di dalamnya.

Di Amerika dan Eropa, nantinya toko Xiaomi hanya akan menjual aksesoris termasuk headphone, jam tangan dan baterai. Penjualan aksesoris ini diperkirakan bisa sesuai harapan karena semuanya tidak hanya bisa dikoneksikan dengan ponsel Xiaomi, namun juga bisa dipakai dengan smartphone merek lain yang berbasis Android. Untuk ponselnya sendiri, pemasaran tetap dilakukan dengan cara lama yakni melalui rekanan situs jual beli di negara masing-masing. Hugo Barra juga akan mendaftarkan paten dan registrasinya sehingga Xiaomi tidak akan sulit melakukan penetrasi pasar dan bisa menghindar dari kemungkinan sengketa paten.  (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar