Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Yield Obligasi AS Naik Ditopang Data Jobless Claims

Jumat, 30 Januari 2015 0:28 WIB
Dibaca 499

Monexnews -

Obligasi US Treasury terkoreksi sementara yield merangkak naik di tenor 10-tahun seiring laporan jobless claims yang menunjukkan outlook pasar kerja AS semakin cerah mengurangi permintaan asset safe haven seperti obligasi.

Meredanya kecemasan Yunani juga turut menekan permintaan obligasi pemerintah AS. Terpantau sejauh ini yield obligasi AS untuk tenor 10-tahun merangkak naik ke 1.749%, terpantul naik dari 1.723% pada hari Rabu kemarin yang merupakan level penutupan terendah sejak Mei 2013.

Secara keseluruhan yield obligasi AS tenor 10-tahun telah anjlok dari 2.173% yang sempat diraih pada akhir 2014. Permintaan obligasi AS sempat menanjak pada bulan ini akibat ketidakpastian outlook pertumbuhan ekonomi global, resiko deflasi Eropa dan kekacauan bursa Yunani.

Bagaimanapun level yield obligasi yang sangat rendah di zona Euro akibat kebijakan moneter longgar ECB telah menyebabkan para investor beralih pada obligasi As, yang masih memberikan yield lebih baik diantara pasar obligasi yang memiliki rating tinggi.

Data jobless claims AS turun 43,000 ke level 265,000 pada pekan lalu, sekaligus merupakan level jobless claims terendah sejak April 2000. Rata-rata klaim penganggur untuk 4 minggu kembali lagi ke level 300,000. Data ini merupakan konfirmasi penguatan pasar tenaga kerja AS. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar