Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Yield Obligasi Portugal Naik Lagi

Jumat, 12 Juli 2013 15:42 WIB
Dibaca 662

Yield obligasi Portugal hari ini kembali naik seiring bertambahnya risiko keuangan di negara itu. Imbal hasil surat hutang acuan (tenor 10-tahun) menguat 15 basis poin menjadi 6.903% setelah pemerintah mengumumkan proposal penundaan review anggaran oleh pihak kreditur.

Monexnews - Seperti diketahui, kementerian keuangan Portugal hari ini mengajukan penundaan proses peninjauan keuangan ke-8 oleh Troika sampai friksi di kabinet dituntaskan. "Kami meminta penundaan review karena situasi politik terkini kurang kondusif," demikian statement resmi kementerian. Keputusan pemerintah memperlihatkan betapa koalisi di kabinet benar-benar terpecah dalam beberapa pekan terakhir. Bukan tidak mungkin kondisi ini bisa berdampak pada sikap kreditur internasional terhadap program bailout bagi negara ini yang nilainya mencapai 78 miliar Euro. Pun demikian, kementerian keuangan memastikan bahwa proses peninjauan ke-8 dan 9 oleh Komisi Eropa, ECB dan IMF akan digabungkan pada akhir Agustus dan September 2013. Keputusan pemerintah membuat kekhawatiran soal pengucuran bailout lanjutan kembali mengemuka. 

Efek perpecahan di kursi pemerintahan pernah terlihat pada hari Rabu pekan lalu, saat imbal hasil obligasi 10-tahun Portugal meroket ke level tertinggi harian di 8.18%. Sejak kemunduran dua menteri penting di negara ini, bursa saham dan imbal hasil obligasi negara-negara Eropa lainnya turut bergejolak tajam. Di bawah skema bailout senilai 78 miliar Euro yang dirancang oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF), Portugal dijadwalkan untuk mencatat keseimbangan neraca pada pertengahan 2014. Pelaku ekonomi dan warga dihadapkan pada suatu fase kehidupan yang berat sejak efisiensi pertama kali diberlakukan. Reformasi struktural dan penghematan belanja sontak membuat sendi perekonomian berdenyut lemah sehingga nilai gross domestic product nasional menciut dan angka pengangguran meroket sampai level fantastis, 18%.

*Nilai tukar EUR/USD saat ini terpantau pada level 1.3040

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar