Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Yunani Gagal Bayar Hutang IMF

Rabu, 1 Juli 2015 17:39 WIB
Dibaca 2749

Monexnews -

Yunani menjadi negara maju pertama yang terkena default pada utang dari IMF, seiring program penyelamatan yang telah dipertahankan selama 5 tahun terakhir telah expire, sementar para kreditur menolak upaya di saat-saat akhir untuk memperpanjang pinjaman.

IMF yang berbasis di Washington, menyatakan pemerintah Yunani tidak mampu mentransfer hutang sebesar $1.73 milyar pada penutupan hari bisnis Selasa, sekaligus merupakan kegagalan pembayaran piutang sepanjang sejarah IMF.

Di saat-saat akhir, PM Alexis Tsipras sempat mengajukan program penyelamatan baru untuk membantu pembayaran sebagian $32.52 milyar hutang yang akan jatuh tempo berikutnya di antara tahun 2015 dan 2017.

Dari Washington sendiri, Presiden Barack Obama berupaya meredam kekhawatiran dampak sistemik krisis utang Yunani yang memburuk pada ekonomi AS dan global, menurut Obama kebangkrutan Yunani tidak menimbulkan shock pada sistem keuangan. Menkeu AS, Jacob Lew telah mendesak partner Eropa untuk melanjutkan negosiasi bailout untuk mencegah problem ekonomi zona Euro yang bisa menyeret pelemahan pertumbuhan AS.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar