Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Yunani: Kesepakatan Bailout akan Tercapai

Jumat, 5 Juli 2013 12:34 WIB
Dibaca 538

Monexnews - Pemerintah Yunani optimis dapat mencapai kesepakatan dengan Troika (Uni Eropa, Dana Moneter Internasional dan European Central Bank) terkait pengucuran bailout lanjutan senilai 8.1 miliar Euro. Jika negosiasi berjalan lancar, maka hasil kesepakatan bisa dibawa ke forum pertemuan menteri keuangan pekan depan. 

Keyakinan ini diungkapkan oleh menteri keuangan, Yannis Stournanas, pasca meeting selama 3 jam dengan pihak Troika dan perdana menteri Antonis Samaras. "Terdapat kemajuan di semua pokok pembahasan, meskipun negosiasi masih akan berlangsung nanti malam, besok dan seterusnya," demikian ujar Stournanas hari ini. Ia menyatakan pihaknya segera mencapai kesepakatan (soal bailout) pada hari Senin.

Komentar Menkeu Yunani muncul sesaat setelah pihak Uni Eropa memperingatkan pihak kreditur dan Athena untuk segera menemukan kata mufakat sebelum pertemuan usai Senin besok. Apabila kesepakatan gagal tercapai, maka Yunani terpaksa menjalankan pemerintahan tanpa sebagian dana talangan dari total 173 miliar Euro yang dipinjamkan oleh pemerinah Eropa dan koleganya.

Seperti diketahui, Yunani kini sedang menghadapi vonis terkait permohonan bail out lanjutan pasca program dana talangan terdahulu. Pemerintahan Antonis Samaras memiliki waktu sampai hari Senin depan untuk meyakinkan otoritas bahwa mereka mampu menyelesaikan tugas-tugas yang belum lunas. Beberapa amanat penting memang belum mampu ditunaikan oleh Yunani, mulai dari reformasi tenaga kerja sipil, optimalisasi pemasukan dari penjualan aset hingga penghematan di sektor kesehatan masyarakat. Mengacu pada kegagalan Athena memenuhi persyaratan itu, seharusnya Uni Eropa sudah menutup pintu untuk pengucuran bailout susulan. Namun tentu hal itu bukan suatu kebijakan yang diinginkan oleh Yunani dan pelaku pasar keuangan kebanyakan. Kebaikan hati dari Troika kini sangat diharapkan sehingga aura krisis hutang tidak lagi muncul ke permukaan.

Poin utama yang harus diselesaikan secara tuntas adalah kegagalan pemerintah me-reformasi 12.500 posisi pegawai sipil. Pihak Athena dituntut menghemat pengeluaran yang selama ini dipakai untuk membiayai pekerja sektor publik. Di bawah skema bailout terakhir, pemerintah sepakat merumahkan 25,000 pekerja sipil sepanjang tahun ini. Separuh dari jumlah itu harusnya sudah tidak dipekerjakan per Juni 2013, namun pihak Athena gagal memenuhi deadline kesepakatan. Padahal dalam rencana awal, Yunani sudah harus menguarangi jumlah pegawai sipil setidaknya 150.000 orang di akhir 2015 mendatang. Nilai tukar EUR/USD saat ini terpantau di level 1.28904.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar