Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Zona Euro Berhasil Mencetak Rekor Surplus Perdagangan

Kamis, 16 Mei 2013 16:57 WIB
Dibaca 455

Monexnews - Blok 17-negara pengguna mata uang Euro berhasil membukukan surplus perdagangan terbesar sejak penghitungan dimulai pada tahun 1999, dipicu oleh kenaikan tajam dalam ekspor dan penurunan impor. Kinerja ekspor yang kuat telah menghadirkan harapan bahwa zona Euro akan segera kembali ke jalur pertumbuhan setelah mengalami fase kontraksi terpanjang pasca World War II. Hal tersebut juga menegaskan bahwa penurunan output pada kuartal pertama lebih disebabkan oleh masih sangat lemahnya permintaan domestik. 

Lembaga statistik resmi Uni Eropa, Eurostat, mengatakan bahwa ekspor berhasil mencatat pertumbuhan 2,8% seiring impor menurun 1,0%. Yang memberikan surplus perdagangan sebesar €18,7 milyar pada bulan Maret, naik dari surplus €12,7 milyar yang tercatat pada bulan Februari. 

Surplus yang terjadi sepanjang kuartal pertama tahun ini menunjukkan jika ekspor telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dalam periode tersebut. 

Sementara laporan Eurostat pada hari Rabu menunjukkan bahwa ekonomi zona Euro mengalami kontraksi sebesar 0,2% dalam periode 3 bulan pertama tahun 2013, seiring melemahnya permintaan domestik di awal tahun. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar