Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Zona Euro Sambut Anggota Baru dari Baltik

Jumat, 2 Januari 2015 11:05 WIB
Dibaca 628

Monexnews - Per 1 Januari 2015, Lithuania resmi menjadi anggota baru Euro. Negara pecahan Uni Soviet tersebut meninggalkan mata uang lamanya, Litas, untuk memakai valuta tunggal Eropa.

Bank-bank di Lithuania menambah jumlah tenaga kerja di berbagai posisi untuk mengurus transisi mata uang. Banyak sekali warga yang akan mendatangi bank-bank untuk menukarkan uang lamanya dengan mata uang Euro. Persiapan administratif memang sudah dilakukan oleh pemerintah Lithuania sejak bulan Juli lalu sehingga proses transisi valuta diperkirakan berlangsung lancar. Warga diarahkan untuk mengunjungi bank-bank lokal, di mana mereka bisa menukarkan 3.45 Litas simpanannya dengan 1 unit Euro.

Lithuania memang mengantungi restu dari European Commission dan European Central Bank untuk mengadopsi Euro, seiring negara baltik ini berencana meningkatkan belanja untuk keamanan sosial dan pertahanan nasional. European Commission, yang merupakan badan eksekutif Uni Eropa, mengatakan Lithuania telah memenuhi semua kriteria untuk menjadi pengguna Euro.

Upaya Lithuania untuk bergabung ke dalam blok Euro sempat menjumpai kegagalan setelah inflasi meningkat di atas batas yang disyaratkan oleh pemerintah Eropa. Sama halnya dengan negara-negara Baltik lainnya, seperti Estonia dan Latvia, negara berpenduduk sekitar 3 juta jiwa ini juga menderita penurunan ekonomi yang tajam di tengah krisis keuangan global yang dimulai pada tahun 2008.

Estonia bergabung dengan blok Euro pada tahun 2011, diikuti oleh Latvia pada tahun 2014. Penggunaan mata uang Euro di Baltik dipandang sebagai sebuah langkah lain untuk memperdalam aliansi wilayah dengan blok Barat. Ketiga negara itu telah bergabung dengan Uni Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sejak tahun 2004.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar